Rabu, 10 Juni 2009

Terapi Sholat Tahajjud

Dalam sebuah hadist Rasulullah disebutkan bahwa terdapat empat manfaat agung dari sholat tahajjud, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapuskan berbagai keburukan, mencegah dari perbuatan dosa dan mengusir penyakit dari tubuh. Aspek yang ingin ditonjolkan dalam tulisan ini kaitan dari keajaiban sholat tahajjud untuk mengusir penyakit dalam tubuh. Seperti judul tulisan ini, bahwa terapi sholat tahajjud dapat menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit.

Hal ini pernah dilakukan sebuah penelitian disertasi yang dilakukan oleh Dosen Fakultas IAIN Sunan Ampel di sebuah SMU Pasantren di Surabaya. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa para siswa yang sholat tahajjud dengan rutin berbeda dengan siswa yang tidak melaksanakan sholat tahajjud. Mereka yang melaksanakan sholat tahajjud memiliki kadar hormon kartisol yang rendah. Sehingga memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan kemampuan individu yang tangguh, sehingga mampu menanggulangi masalah sulit dengan stabil.

Sholat tahajjud yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi, memang bisa mendatangkan ketenangan. Sementara ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup. Sholat Tahajjud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai coping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural.

Dalam menjalankan terapi sholat tahajjud, hal yang penting adalah “keikhlasan”. Karena jika terapi sholat tahajjud ini tidak dilaksanakan dengan keikhlasan dan kontinyu, malah bisa mendatangkan stres, karena terjadi kegagalan dalan menjaga homeostasis atau daya adaptasi terhadap perubahan pola irama pertumbuhan sel yang normal. Keikhlasan dalam sholat tahajjud dapat dimonitor lewat irama sirkadian terutama sekresi hormon kartisolnya.

Terapi sholat tahajjud yang dijalankan dengan tepat, kontinya, khusyuk dan ikhlas dapat menimbulkan persepsi dan motivasi yang positif sehingga menimbulkan copring mechanism yang efektif. Dari penelitian ini, seharusnya menggugah semangat kita untuk melaksanakan sholat tahajjud. Sholat tahajjud sebagai upaya kita mendekatkan diri kepada Allah, yang telah memberi kita rezeki berlimpah, juga dapat menjadi terapi untuk menjaga kesehatan diri kita atau menyembuhkan segala macam penyakit. Maka, mulai sekarang mari kita galakkan gerakan sholat tahajjud mulai dari diri kita, keluarga dan lingkungan, sehingga kita memiliki pribadi dan diri yang sehat, tangguh dan memiliki kinerja yang baik.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

sepertinya bagus tapi kok kurang mendalam ya

Posting Komentar